Sabtu, 23 Januari 2010

TV china

Lima hari sudah ngobrak abrik tv china 14". Awalnya tv ini tak ada gambar,cuma terlihat lampu stanby nyala merah kedip-kedip.Setelah dibuka tutup belakangnya kemudian aku ukur tegangan B+ dengan menggunakan multitester,terlihat tegangan 115V naik turun(gak stabil) dan ada bunyi ceg...ceg...pada trafo regulatornya, Kemudian muncul kecurigaan trafo flyback rusak(terjadi drop tegangan). Untuk memastikannya kemudian aku lepas kaki-kaki trafo flyback tersebut, kemudian setelah dinyalakan kembali, hasilnya masih sama(tegangan tidak stabil). Kemudian muncul kecurigaan kerusakan ada di bagian regulatornya, kemudian aku periksa semua komponen2 di bagian primer rangkaian regulator dan aku ganti elconya 47/50v,ternyata tidak menemukan kerusakan yang pasti dan kemudian ku mengambil kesimpulan STRnya rusak, karena sulit diperiksa dengan multitester,kemudian kucoba tuk menggantinya,tapi ternyata kesulitan mencari sparepartnya. Daripada pusing2 9 keliling kuputuskan untuk mengganti dengan power suply serbaguna buatan GACUN.Setelah semua terpasang dengan benar kemudian tv dinyalakan (atur trimpot VR pada PS gacun sampai pada tegangan 115V pada teg B+.Nyala deh tvnya, senangnya hatiku.he he he.

2 komentar:

  1. setahu saya untuk tv china bagian power supplynya jarang yang menggunakan STR.kebanyakan menggunakan jenis transistor.tu TV China seri yang mana ya pak?

    BalasHapus
  2. di daerah mana kok nggak ada spearpart str.... kalo di bojonegoro komplitm http://sri-kedungkeris.blogspot.com

    BalasHapus